Tri Ismayawati

Seorang guru IPS di SMP 4 Kudus, yang mempunyai hobi membaca dan menulis. Alhamdulillah, dengan tugas tambahan sebagai Kepala Perpustakaan, melihat buku-buku ya...

Selengkapnya
Asiknya GRBB (Gerakan Rabu Bawa Bekal) di Kelasku

Asiknya GRBB (Gerakan Rabu Bawa Bekal) di Kelasku

Gerakan Rabu Bawa Bekal atau disingkat GRBB sudah dua bulan ini dilaksanakan di kelas 8 G, SMP 4 Kudus. Awalnya karena keprihatinan melihat siswa yang lesu tak bertenaga di jam pertama kegiatan pembelajaran. Setelah bertanya pada beberapa siswa, jawabannya hampir sama yaitu karena mereka belum sarapan di rumah. Apa yang menjadi penyebabnya berbeda-beda. Ada yang karena orang tuanya, terutama sang ibu harus pergi pagi untuk bekerja, sampai pada alasan sudah disiapkan tetapi tidak sempat makan karena terburu-buru.

Sarapan, penting sekali manfaatnya tetapi masih banyak yang mengabaikannya. Seperti halnya mesin, tubuh kita juga perlu dipanaskan, agar tetap optimal berkegiatan, khususnya belajar. Sarapan di pagi hari ibarat tubuh kita sedang menerima bahan bakar supaya lebih berenergi. Bila kita melewatkan sarapan, tubuh tidak akan menerima sinyal untuk mulai beraktvitas dan tetap dalam keadaan penghematan energi dan nutrisi. Ini akan menyebabkan badan kita tampak lesu dan tidak bertenaga.

Banyak studi yang memaparkan bahwa orang yang sarapan, ternyata bisa berkonsentrasi lebih baik dibandingkan dengan orang yang melewatkan sarapan di pagi hari. Kandungan glukosa yang didapat saat sarapan akan membantu otak untuk bekerja lebih baik, lebih berkonsentrasi, dan juga meningkatkan fungsi memori syaraf. Mereka yang tidak sarapan justru akan membuat otak kekurangan energi untuk berpikir, sehingga fungsi otak pun menurun. Dan yang terjadi, tugas maupun pekerjaan menjadi terbengkalai alias tidak terselesaikan.

Anak-anak harus dimotivasi, diberikan penjelasan bahwa sarapan itu penting dan wajib. Apa saja ya manfaat sarapan untuk tubuh kita? Sarapan akan menambah energi, membantu kerja otak menjadi lebih baik, menenangkan dan membuat semangat, dan sarapan itu juga mencegah obesitas atau kelebihan berat badan. Ahli dari Universitas Swansea Wales membuktikan bahwa siswa yang selalu sarapan di pagi hari, 22 % lebih pintar dibanding dengan siswa yang tidak sarapan. GRBB adalah rintisan yang diharapkan secara bertahap, bisa bawa bekal setiap hari. Manfaat bawa bekal yang lainnya adalah, siswa bisa menghemat waktu istirahatnya, karena siswa tidak perlu mengantri di kantin dan menumbuhkan suasana kekeluargaan di kelas. Manfaat yang paling penting adalah mengarahkan siswa untuk mengurangi konsumsi junk food dan fast food menuju makanan sehat.

Sarapan mempunyai banyak kebaikan yang diberikan jika kita sarapan pagi, oleh karena itu, masihkah anak-anak akan melewatkan sarapan hanya demi mengejar waktu? Bangunlah lebih pagi agar kalian bisa menyiapkan bekal dan bawa ke sekolah. Makan bersama-sama dengan teman, pasti sangat menyenangkan bukan? Kita bisa saja membawa nasi dengan sayuran dan lauk atau biskuit, roti yang kaya dengan asupan energi untuk beraktifitas seharian. Jadi, siapkan bekalmu, minta bantuan orang tuamu, agar pagimu selalu bersemangat di sekolah… Jangan pernah melupakan sarapan pagi yang menyehatkan ya!

Gerakan Rabu Bawa Bekal selain mengajarkan bahwa sarapan itu penting, ada tujuan lainnya terkait menjaga lingkungan hidup. Membawa bekal berarti mengurangi sampah plastik, karena tempat makan dan tumbler (botol minum) bisa dipergunakan lagi.

Siapkan harimu ya.. Sarapan itu penting dan wajib. Sayangi tubuhmu mulai sekarang dengan sarapan tiap hari.

Mood and Motivation’s MayA (M3)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Menginspirasi sekali, terima kasih bu

09 Oct
Balas

sama-sama...

09 Oct
search